Film The Commuter, Ringan dan Menegangkan

Sutradara Jaume Collet-Serra kembali menunjukan kepiawaiannya lewat The Commuter. Dengan nonton film online ini cukup sederhana namun seru dan menegangkan. The Commuter menghadirkan kisah sales asuransi bernama Michael yang diperankan oleh aktor gaek Liam Neeson. Kerja sama antara sutradara dan aktor ini adalah yang ke-empat kalinya. Sebelumnya mereka telah bekerja sama dalam 3 buah movie sukses (Unknown, Non-Stop, Run All Night).

movie the coimmuter

Resensi Film The Commuter

Michael adalah seorang pegawai biasa di sebuah perusahaan asuransi. Setiap harinya Michael menggunakan kereta untuk beraktivitas. Sepuluh tahun menggunakan kereta sebagai moda transportasi utama tentu saja hal ini menjadi rutinitas bagi Michael sehingga ia berteman akrab dengan masinis dan kondektur kereta.

Pada suatu hari Michael baru saja dipecat dari perusahaan tempatnya bekerja tanpa alasan. Ia sangat terpukul atas keadaan ini mengingat anaknya yang dalam waktu dekat akan berkuliah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di dalam kereta bawah tanah yang menuju pulang, Michael bertemu dengan seorang perempuan bernama Joanna yang diperankan oleh Vera Farmiga.

Pada perjalanan itu, Joanna memberikan sebuah misi kepada Michael untuk mencari seseorang dengan julukan Prynne. Michael lalu diminta menaruh pelacak di tas sosok tersebut. Apakah imbalannya? Uang sebesar 100.000 Dollar. 

Pada awalnya Michael agak ragu mendengar omongan perempuan tersebut. Namun, kepercayaannya muncul saat menemukan uang muka misi tersebut yang ditaruh di toilet kereta. Melihat hal ini Michael tergerak karena teringat kondisi finansial keluarganya tengah jatuh. 

Berbekal kemampuan sebagai mantan polisi, Michael mulai menyelidiki setiap penumpang kereta bawah tanah. Aksinya harus diselesaikan secara cepat karena perempuan tersebut sekarang mulai mengancam keluarganya. 

Sementara itu pihak berwajib yang juga menginginkan Prynne sehingga Michael harus berpacu dengan waktu untuk menemukan Prynne. Siapa sebenarnya Prynne? Ada cerita apa di balik sosok ini? Apakah secara tidak langsung, Michael malah terjebak di dalam sebuah situasi kriminal?

Situasi kereta bawah tanah memang tak akan pernah habis untuk diangkat ke dalam film. Pemilihan kereta bawah tanah sebagai latar belakang sangat menarik. Dengan sederhana sang sutradara Jaume Collet-Serra mampu menggambarkan kereta yang sibuk, padat, dan bising dengan sesuai. Karakter para penumpang kereta juga menyita perhatian. Mereka memiliki latar belakang beragam sehingga reaksinya tidak bisa diprediksi. Penonton pun seolah-olah terbawa di dalam situasi kereta. Adegan action di dalam kereta juga cukup membuat jantung terpacu saat menonton streaming film online ini. 

Seperti pada film-film sebelumnya, Liam Neeson sendiri tampil baik. Ia tahu kapan harus bergaya penuh karisma serta berakting emosional. Karakter Michael pun mudah mendapat simpati kita sebagai penonton.

Adalah ciri khas Collet-Serra dalam mengarahkan thriller psikologis. movie buatan Collet-Serra lebih lekat ke ranah aksi ketimbang drama, sehingga dipastikan The Commuter akan dipenuhi oleh banyak adegan laga menegangkan, sementara kedalaman cerita dan karakterisasi agak dipinggirkan. Anda akan menyaksikan aksi laganya di paruh akhir film, karena paruh awal dengan telaten digunakan untuk membangun kerangka plot dan juga atmosfer. Hal-hal seperti inilah yang membuat penonton betah mengikuti alur cerita film hingga akhir meski The Commuter terbilang cukup ringan sebagai movie thriller.

Jika ada kekurangan dari movie yang berdurasi 105 menit ini ceritanya yang tertatih.  Kisahnya terasa seperti pengulangan Non-Stop, bahkan cenderung membosankan. Kemudian ada beberapa elemen cerita menyisakan pertanyaan hingga akhir film.