Hebohnya Tradisi Perayaan 17 Agustus

perayaan 17 agustus

Di Indonesia, semenjak memasuki bulan Agustus, semuanya terasa berbeda dari bulan-bulan lainnya. Kita tahu bahwa di bulan ini terdapat peristiwa bersejarah yang tidak bisa lepas dari ingatan, yaitu peristiwa kemerdekaan Republik Indonesia setelah dijajah oleh beberapa negara. Untuk mengungkapkan perasaan bahagia menyambut hari kemerdekaan ini, masyarakat senantiasa melakukan perayaan 17 Agustus dengan meriah dan penuh syukur.

Ada beberapa tradisi yang sering bahkan bisa dipastikan selalu dilakukan pada setiap bulan Agustus terutama di tanggal 17.

Kira-kira apa saja ya perayaan 17 Agustus tersebut ? 

Upacara Bendera

Tradisi bahkan telah menjadi aturan wajib untuk seluruh masyarakat Indonesia jika tanggal 17 Agustus kita semua memperingati hari kemerdekaan dengan mengadakan upacara bendera. Upacara bendera saat ini tidak hanya dilakukan ole

h mereka yang sekolah atau berseragam pegawai sipil saja, namun masyarakat umum dengan berbagai profesi dan aktvitas turut meramaikan perayaan 17 Agustus tersebut dengan mengadakan dan mengikuti upacara bendera dengan penuh khidmat.

Dan yang menjadi puncak perhatian adalah saat dilakukannya upacara bendera di istana negara yang dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia. Dari pelosok desa sampai kota, dari ujung timur hingga ujung barat semuanya dalam suka cita memperingati hari kemerdekaan ini.

Pemasangan Bendera Merah Putih

Sebelum dilakukannya upacara bendera pada tanggal 17 Agustus, lebih dulu pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk mulai memasang bendera merah putih didepan rumah mereka dari tanggal 1 hingga 31 Agustus. Hal ini bersifat wajib tentunya, sebagai salah satu symbol penghormatan kita terhadap keutuhan bangsa dan negara serta mengenang kembali betapa berjasanya para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara ini untuk kita semua.

Di gang-gang kecil, kampong, sampai perkotaan besar, semua rumah maupun institusi beramai-ramai memasang bendera merah putih, diikuti beberapa bendera umbul-umbul yang juga ikut meramaikan jalanan sebagai bentuk kebahagiaan menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

Perlombaan 17an

Dalam perayaan 17 Agustus bisa dipastikan kita akan dihadapkan dengan berbagai perlombaan yang membuat suasana jadi terasa berbeda, mulai dari lomba anak-anak hingga dewasa, semuanya berbaur dalam suka cita. Baik itu lomba di kampong, di sekolah, kantor dan masih banyak lainnya. Tujuan dari perlombaan ini bukanlah untuk mencari kesenangan semata, melainkan juga untuk menjalin persudaraan antar masyarakat sehingga diharapkan dengan adanya lomba-lomba yang diadakan ini bisa membuat warga Indonesia menjadi semakin kompak.

Diskon besar-besaran di bulan Agustus

Anda ingin membeli suatu produk dengan harga yang cukup mahal ? Pengen diskon yang menggiurkan ? Nah biasanya disetiap tanggal 17 Agustus, atau memasuki bulan ini Anda akan melihat informasi baik di media cetak, media elektronik, baliho disepanjang jalan, toko-toko yang menawarkan potongan harga, bank serta lembaga keuangan lainnya yang menawarkan program menarik dan masih banyak lainnya.

Semua bidang usaha yang ada berusaha untuk memberikan harga terbaik berkaitan dengan penyambutan hari kemerdekaan Indonesia. Dan momen seperti ini hanya terjadi satu kali dalam setahun, sehingga tidak salah jika Anda ingin memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya.

Pada dasarnya semua yang dilakukan pada bulan Agustus, terutama di tanggal 17 ini memang sudah menjadi kewajiban bagi semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama memepringati hari kemerdekaan, serta tak kalah pentingnya yaitu dengan tetap menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa.