Panduan Desain Rumah Dengan Tampilan Minimalis

hunian rumah minimalis


Desain rumah dengan tampilan minimalis sekarang sudah menjadi sebuah trend. Desain rumah minimalis biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang mempunyai rumah dengan ukuran sempit. Meskipun ukuran rumah sempit, bukan berarti rumah harus terlihat sesak dan sumpek. Dengan menerapkan desain rumah yang minimalis, rumah yang sempit akan terlihat melegakan tanpa melupakan kenyaman bagi penghuni rumah dan juga keindahannya. Faktanya rumah dengan desain minimalis justri menampilkan kesan indah, mungil, nyaman, dan juga unik.

Di zaman sekarang ini, mendapatkan rumah dengan lahan yang luas memang susah dan kalaupun ada pasti mahal. Oleh karena itu, banyak orang yang mempunyai rumah dengan lahan terbatas menerapkan desain minimalis karena kelebihan-kelebihan yang diberikan. Meskipun menggunakan kata minimalis, namun pada dasarnya pekerjaan mendesain tetap sama dengan desain pada umumnya. Hanya saja dalam pengerjaanya, desain minimalis membutuhkan kecermatan untuk menghadirkan rumah yang terlihat luas dan juga nyaman. Bila anda hendak menerapakan desain minimalis untuk rumah, berikut 8 panduannya.

Tentukan Tema Hunian Anda

Untuk setiap desain rumah, tema merupakan pondasi awal yang harus ditentukan. Dengan penentuan tema, anda akan lebih mudah menentukan pemilihan furniture, tata letak ruang, dan aksesoris pendukung lainnya. Desain rumah yang sesuai dengan tema akan terlihat rapi dan serasi. Terdapat beberapa tema untuk desain minimalis yang bisa anda pilih seperti desain minimalis gaya klasik, modern, korea, retro, shabby chic, dan lain sebagainya. Setiap tema mempunyai ciri khas tersendiri yang membuatnya menarik. Dalam menentukan tema, anda tidak dibatasi untuk menentukan satu tema saja. Anda bisa menggabungkan dua atau tiga tema tergantung kreatifitas.

Hal terpenting untuk diperhatikan ketika memilih tema adalah pastikan anda memahami karakteristik tema tersebut. Ketika anda mengenal karakteristik suatu tema, akan lebih mudah bagi anda dalam memilih furnitur, aksesoris, dan juga penempatannya. Bila anda kurang memahami karakteristik suatu tema, anda akan kesulitan menerapkan tema tersebut. Meemahami suatu desain tema sangat penting untuk membantu efisiensi pembiayaan dan waktu pengerjaan desain.

Sesuaikan dengan aktivitas harian

Salah satu fungsi rumah adalah untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Sehingga pastikan bila desain rumah mendukung semua aktivitas anda termasuk untuk kumpul keluarga serta memberikan kenyamanan saat melakukan aktivitas tersebut. Agar desain interior sejalan dengan aktivitas harian, anda harus memberikan perhatian lebih pada pengerjaan desain. Setiap elemen dipilih berdasarkan fungsionalitas dan tidak ada satu elemen yang tidak memberikan fungsi. Sebagai contoh ketika anda memilih wallpaper, pastikan bila wallpaper tersebut menghadikan kenyamanan, keindahan, dan semangat untuk beraktivitas. Bila anda hobi memasak, pastikan bila area dapur memang menunjang hobi anda seperti meja dapur dengan tinggi yang sesuai dengan anda.

Maksimalkan penggunaan perabot

Perabotan untuk rumah dengan desain minimalis memang menjadi perhatian utama. Pemilihan perabor harus bisa memberikan kesan ruang yang luas namun juga fungsional. Meskipun pilihan perabot untuk desain minimalis terbatas, namun jangan jadikan hal ini sebagai penghalang. Hal utama yang harus diperhatikan ketika memilih perabot adalah fungsi dari perabot tersebut. Pastikan perabot tersebut memang mempunyai fungsi penting. Selanjutnya berikut beberapa panduan memilih perabot untuk desain minimalis.

  • Desain – desain perabot yang dipilih harus sesuai dengan ukuran dna bentuk ruangan. Mungkin akan sedikit susah untuk memilih perabot yang sesuai dengan ukuran rumah anda. Bila memungkinkan, anda bisa memesan secara khusus sesuai dengan bentuk rumah anda.
  • Warna – pemilihan warna perabot juga harus diperhatikan. Pastikan perabot yang dipilih warnanya serasi dengan dinding. Misalnya anda mmenerapkan tema minimalis Skandinavia, warna yang dominan adalah putih sehingga perabotan juga berwarna putih.
  • Ukuran – ukuran perabot juga mempunyai peranan penting untuk desain minimalis. Perabot dengan ukuran yang besar akan membuat ruangan terlihat sempit. Agar memberikan kesan sederhana namun tetap mewah, pilih perabot dengan ukuran kecil yang disesuaikan dengan bentuk ruangan.
  • Penempatan – kunci kesuksesan desain minimalis adalah penempatan perabot. Penempatan perabot yang tidak pas akan memberikan kesan ruangan yang penuh dan berantakan. Ketika anda memilih desain minimalis, yang harus diperhatikan adalah bagaimana memberikan kesan ruangan yang luas di rumah yang kecil. Oleh karena itu penempatan perabot harus tepat. Anda juga bisa membiarkan beberapa sudut ruang tetap kosong agar rumah terlihat luas.

Pilihan warna yang sesuai

Pemilihan warna rumah memang tergantung dengan preferensi pribadi. Namun sebaiknya memilih warna yang senada dan tidak terlalu mencolok untuk menampilkan desain yang dipilih. Anda bisa memilih warna kalem atau pastel seperti abu-abu, putih, kuning muda, dan sebagainya. Agar tidak terlihat monoton dan membosankan, anda bisa memadukan dua warna atau lebih dengan catatan warna yang dipilih tetap senada. Selain itu, warna perabot juga harus senada dengan warna tembok. Untuk pemilihan wallpaper, pilih wallpaper dengan pola atau warna senada namun jangan digunakan untuk seluruh ruangan agar rumah tidak terkesan penuh dan sumpek.

Beri sentuhan taman dalam ruangan

Sentuhan natural seperti taman buatan dalam rumah bisa memberi kesan asri. Untuk rumah dengan lahan terbatas, membuat taman buatan didalam rumah tidak sulit. Anda bisa menempatkan beberapa tanaman asli di sudut daput untuk kesan hijau dalam rumah. Selain itu, bagian atap untuk taman mungil bisa diganti dengan kaca agar sinar matahari bisa masuk dan memberi kesan rumah yang lebar.

Perhatikan partisi ruangan

Untuk memberikan kesan minimalis, pastikan untuk memperhatikan partisi ruangan. Memang sebaiknya rumah yang sempit tidak mempunyai partisi yang banyak karena akan memberikan kesan sempit. Bila memang harus menggunakan partisi, pastikan agar tidak mempersempit rumah. Anda juga menggunakan partisi portable yang mudah digeser sesuai kebutuhan. Material partisi yang digunakan juga harus diperhatikan. Patisi kaca tanpa frame bisa dipilih untuk kesan rumah yang lebar. Pilihan lain adalah partisi rak yang bisa difungsikan untuk dispaly buku koleksi koleksi, vas, ataupun bunga imitasi.

Pengaturan cahaya dan lampu

Cahaya dan lampu merupakan faktor penting untuk desain minimalis. Selain itu lampu juga menjadi elemen dekorasi sehingga lampu tidak hanya menjadi penerang tapi memberi kesan estetik dan pemanis ruangan. Pilih desain lampu yang sesuai dengan tema yang anda pilih serta pemilihan sorotan cahaya yang tepat. Selain lampu, pastikan anda juga mempertimbangkan cahaya alami dengan menggunakan kaca yang lebar. Penempatan kaca memberikan cahaya alami dari matahari yang membuat rumah terlihat luas.

Manfaatkan sudut ruangan

Keterbatasan lebar rumah memang harus disasati dengan baik hingga ke sudut ruangan. Jangan sampai ada ruangan yang tidak berfungsi dengan baik. Setiap sudut ruangan harus dimaksimalkan fungsinya. Misalnya untuk penataan dapur, anda bisa menggabungkan dapur dan ruang makan dalam satu ruangan. Anda juga bisa menempatkan taman kecil didepan dapur untuk memberikan kesan yang luas.