Manfaat Memilih Kredit Tanpa Agunan Mandiri

pinjaman bank mandiri

Kian hari pamor kredit tanpa agunan (KTA) semakin, apalagi kalau bukan karena kemudahan dalam proses pencairan dan pelunasannya. Dari sekian banyak kreditur yang ada di Indonesia KTA Mandiri tergolong jadi primadona. Ada sekian banyak faktor yang membuat bank yang satu ini menjadi rujukan banyak orang. Selain karena merupakan perusahaan BUMN yang terpercaya, Mandiri juga terbilang tidak mempersulit peminjam dengan sejumlah persyaratan.

Untuk bisa mengajukan kredit tanpa agunan dari Mandiri debitur hanya perlu melengkapi dokumen-dokumen seperti foto kopi ktp, mengisi formulir pengajuan kta, menyertakan slip gaji atau keterangan penghasilan (khusus freelancer), foto kopi NPWP dan SPT, menyertakan rekening koran, atau bagi pengusaha melampirkan tagihan bulanan kartu kredit (jika menggunakan kartu kredit). Semudah itu saja, lantas debitur bisa segera mendapatkan dana yang dibutuhkan dari bank Mandiri.

Tentunya ada banyak bank lain yang memberikan kemudahan serupa. Namun KTA Mandiri terbilang yang paling mudah dalam proses peminjaman. Sehingga sangat cocok bagi mereka yang tidak terikat atau bekerja pada sebuah pekerjaan atau mereka para pelaku bisnis (entrepreneur). Mandiri bahkan sudah dikenal sangat mendukung pengembangan bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia.

Pastiya setiap debitur akan mempertimbangkan soal cicilan yang mesti dibayar. Tidak berbeda dengan bank lain, pinjaman tanpa jaminan dari bank Mandiri juga membebankan cicilan berkisar 12-60 bulan dengan besar pinjaman mencapai Rp 200juta. Sangat cocok bagi para UKM yang ingi melebarkan atau mengembangkan usahanya namun terganjal persoalan modal.

Selain kemudahan yang telah disebutkan diatas, ada sejumlah manfaat tambahan yang akan debitur rasakan ketika memilih KTA dari bank Mandiri, terutama bagi mereka yang memiliki bisnis dan tidak terikat atau bekerja pada perusahaan manapun. Apa saja manfaat tersebut? Mari kita ulas satu persatu:

Pertama, ragam pilihan kredit tanpa jaminan

Mandiri merupakan salah satu bank yang menyediaan ragam pilihan pinjaman KTA cukup banyak. Ada KTA Mandiri Payrool, KTA Mandiri Reguler, dan KTA Mandiri Mitrakarya. Untuk mengetahui jenis pinjaman mana yang terbaik sebaiknya cari informasi lengkap terlebih dahulu mengenai produk-produk KTA Mandiri.

Sebenarnya ragam pilihan pinjaman yang banyak ini jika dimanfaatkan dengan baik dapat menguntungkan debitur. Misalnya dalam soal bunga, pilihlah bunga yang paling kecil agar tidak membebani para saat proses pelunasannya, atau pilih yang biaya pelunasannya paling ekonomi. Sehingga ketika sewaktu-waktu ingin melunasinya dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Sangat pas bagi para pelaku usaha yang terkadang bisa mencapai omset ratusan juta rupiah jika sedang ramai konsumen.

Kedua, bunga KTA relatif kecil

Ya, dibanding kreditur lain bunga pinjaman Mandiri relatif kecil dan bunga yang dibebankan rata yakni sekitar 1-3% saja. Sangat kecil bukan? Karena itulah Mandiri sangat cocok dijadikan mitra bagi siapapun yang baru mengawali bisnisnya. Bunga rendah ini menjadi keuntungan besar terutama bagi debitur yang memilih tenor jangka pendek dengan jumlah pinjaman kecil.

Jika tidak perlu dana pengembangkan bisnis dalam jumlah besar, sangat disarankan untuk tidak mengambil pinjaman tinggi. Sesuaikan dengan kemungkinan pendapatan setiap bulan, karena semakin besar pinjaman yang diajukan artinya semakin tinggi pula jumlah bunga yang mesti dibayarkan. Lebih baik meminjam secukupnya, lunasi secepatanya. Perihal kebutuhan lain Anda bisa mengajukan pinjaman kembali ketika cicilan yang lalu sudah selesai.

Cara ini jauh lebih aman dibanding mengambil pinjaman besar namun tersendat ketika membayar. Bisa-bisa Anda diblack list oleh Mandiri di pinjaman selanjutnya. Sebab semua bank selalu melihat riwayat hutang setiap nasabah yang mengajukan kredit.

Ketiga, pinjaman tidak dibatasi

Siapapun bisa mengajukan pinjaman bank, baik itu pengusaha besar, pengusaha UKM, karyawan kantoran hingga pegawai negeri sipil. Mandiri tidak pernah membatasi siapa dan pekerjaa peminjam asal syarat diajukan dapat dipenuhi. Ini sangat cocok bagi para pelaku usaha yang tidak bernaung dalam perusahaan apapun denga pendapatan yang juga tidak menentu setiap bulannya.

Kalau soal besar pinjaman biasanya akan dievaluasi oleh pihak bank. Merekalah yang menilai besarnya dana yang bisa dicairkan dengan melihat pada pendapatan minimal calon peminjam. Jadi semudah-mudahnya pengajuan kta ini, tetap saja para debitur harus sadar diri perihal jumlah pinjaman yang mampu dibayarkan cicilannya, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang.

Keempat, kebebasan penggunaan danapinjaman

Tidak melulu harus untuk urusan bisnis, pegajuan kredit di bank Mandiri juga bisa digunakan untuk keperlua lain seperti dana pendidikan, kesehatan bahkan liburan. Selama bank menilai Anda mampu membayar cicilan maka pengajuan dana dapat dicairkan. Namun ini bukan berarti Anda bisa bebas meminjam sebanyak mungkin untuk keperluan yang tidak penting.

Sangat disarankan pinjaman kredit ini hanya digunakan untuk kebutuha mendesak saja, misalnya ketika mengalami kecelakaan dan tidak memiliki asuransi maupun tabungan yang mencukupi. Sementara buat keperluan seperti liburan atau membeli barang mewah sebaiknya tidak menggunakan KTA.

Ingat ada bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya, bunga ini jika dikumpulkan bisa menjadi modal usaha. Dibanding untuk keperlua liburan akan lebih baik pinjaman tanpa agunan digunakan misalnya membuka gerai usaha atau investasi di reksadana atau bursa saham. Sehingga hutang yang ada tetap bisa menghasilkan uang.

Kelima, pembayaran yang mudah

Keuntungan lain yang bisa Anda rasakan ketika mengajukan kredit tanpa agunan melalui bank Mandiri adalah kemudahan proses pembayarannya, yakni melalui mesin ATM dan E-Banking. Sangat cocok bagi para pebisnis yang sering bepergian jauh dan memerlukan waktu singkat untuk proses bayar membayar. Dimanapun Anda berada selama ada ATM mandiri atau koneksi internet pembayaran cicilan bisa dilakukan. Sehingga keterlambatan pembayaran karena masalah teknis pun bisa dihindari.

Bayangkan berapa dana yang mesti dikeluarkan jika kita telat membayar? Memang dibanding bank lain, Mandiri memberikan keringan soal keterlambatan ini. Selain itu jika ingin melunasi hutang langsung saat tenor masih panjang, biaya bunga yang dibebankan hanya 5% dari sisa pokok pinjaman. Jadi Anda bisa bernapas dengan lega ketika bisa melunasi hutang lebih cepat.

Plus jumlah cicilan yang harus dibayarkan perbulan tidak harus melalui ketentuan bank. Jika memiliki perhitungan sendiri soal kesanggupan membayar, Anda juga bisa menentukan besaran cicilan sesuai kemampuan, namun biaya harus diatas jumlah cicilan yang ditentukan bank.

Keenam, kepemilikan asuransi jiwa

Kelebihan lain dari produk pinjaman yang dikeluarkan Mandiri adalah layanan asuransi jiwa bagi pengaju kredit. Jadi saat mengajukan kredit secara otomatis Anda sudah memiliki asuransi jiwa. Ini merupakan bentuk perlindungan pinjaman agar debitur tidak memberatkan keluarga ketika terjadi hal-hal yang tak diiginkan. Intinya mengambil kredit melalui Mandiri selain memberi kemudahan juga memberi ketenangan soal pembayarannya. Tinggal pilih saja akan mengambil jenis KTA yang mana dan berhitung soal kesanggupa membayar cicilannya. Pihak Mandiri akan dengan senang hati memberi pertimbangan yang terbaik untuk Anda.